Tips Cara Ampuh Menyegarkan Memori Tablet

Para pengguna smartphone atau Tablet PC biasanya termanjakan dengan beragam aplikasi maupun game yang bisa dengan mudah diunduh dari pasar aplikasi. Dan biasanya setelah bosan atau merasa kapasitas memori menipis, serta merta aplikasi/ game akan dihapus (uninstall). 

Namun, sesungguhnya menghapus (uninstall) aplikasi dari tablet android sebenarnya tidak sepenuhnya bisa mengembalikan besarnya kapasitas memori seperti yang diperkirakan, karena setiap aplikasi yang dihapus sebenarnya masih menyisakan temporary file yang masih memakan sebagian memori, seperti misalnya logs, crash report atau debug files. File-file sampah ini seharusnya juga dibersihkan sebelum proses uninstall dilakukan. 

Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam proses pembersihan Tablet Android dari file-file sampah, yaitu dengan cara manual dan dengan bantuan aplikasi khusus. 

Berikut ini tips untuk membersihkan file-file sampah dari Tablet Android. 

Cara Manual : 
  1. Terlebih dahulu lakukan clear data dan cache sebelum memulai proses uninstall aplikasi. Dari menu setting > Applications > Manage applications, selanjutnya pilih aplikasi yang akan dihapus. Kemudian klik pilihan “Clear data” dan “Clear cache”, setelah selesai, klik “uninstall”. 
  2. Setelah langkah tadi, lakukan proses pengecekan file menggunakan aplikasi File Manager. Beberapa aplikasi yang diinstall biasanya akan membuat folder khusus yang akan tetap ada meskipun aplikasinya sudah di-uninstall. Jika folder si aplikasi ada di tempat kita menginstalnya, kita tinggal menghapus (delete) folder tersebut. Hati-hati, pastikan folder yang akan dihapus tersebut benar-benar file sampah. 

Menggunakan Aplikasi : 

Bila hasil penghapusan dengan cara manual dirasa kurang maksimal, kita dapat memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Di pasar aplikasi (Google Play Store), cukup banyak aplikasi yang memiliki fungsi membersihkan file sampah, salah satunya adalah Clean Master (Cleaner). Aplikasi yang wajib dimiliki pengguna Android ini memiliki metode pembersihan secara komprehensif untuk cache, residual files, app packages dan history (web browser, Google Play Store, Gmail, Clipboard). Clean Master (Cleaner) juga dapat mematikan aplikasi yang sedang berjalan (running task), dan dapat meningkatkan performa RAM serta menghemat baterai. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk smartphone/ tablet original atau yang belum di-rooting.

Berikut ini tahap pembersihan dengan menggunakan aplikasi tersebut.
  1. Pada tampilan awal aplikasi, kita langsung mendapat 4 pilihan proses pembersihan, yaitu History, Residual Files, Task dan Temp APKs. 
  2. Untuk melakukan proses pembersihan, pilih salah satu opsi tadi, setelah dipilih, kita akan mendapatkan kumpulan file yang menyisakan file-file sampah. 
  3. Klik opsi ‘Clean” untuk menghapusnya. 
  4. Untuk Residual Files, Task, dan Temp APKs, kita dapat memilih daftar file mana saja yang akan dibersihkan, tinggal memberi tanda centang di pilihan file yang tersedia. Kemudian klik “Clean”. 
Aplikasi pembersih ini dapat di-download secara gratis langsung dari Google Play Strore. Kapasitas file installer aplikasi ini sekitar 1,4 MB dan kompatibel untuk smartphone/ tablet Android versi 1.6 ke atas. Selamat mencoba, dan nikmati Android Anda yang telah disegarkan kembali.

(Sumber : Tabloid PULSA)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sketsa Dini Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger