Tips Cara Memasak Makanan Rendah Lemak dan Rendah Kolesterol

Untuk Anda yang ingin menghindari kadar lemak dan kolesterol yang tinggi dalam masakan, banyak cara dapat dilakukan dalam proses pengolahan makanan agar makanan yang disajikan mengandung kadar lemak dan kolesterol yang rendah. 

Berikut ini adalah tips cara memasak makanan rendah lemak dan kolesterol : 

  1. Jangan tambahkan lemak jenuh saat mengolah sumber protein hewani karena sumber protein hewani sudah mengandung lemak, misalnya menambahkan lemak jenuh ketika mengolah makanan tersebut dengan cara menggoreng. 
  2. Pilihlah proses memasak dengan cara merebus, memepes, memanggang, atau menumis dengan sedikit minyak. Makanan yang diolah dengan cara-cara tersebut tak akan kalah lezatnya dengan makanan yang diolah dengan cara digoreng. 
  3. Saat memanggang, lapisi makanan dengan daun pisang agar tak perlu adanya olesan margarin. 
  4. Buanglah setiap lemak yang tampak pada daging ayam atau sapi sebelum memasaknya. Untuk ayam yang gemuk, buanglah kulitnya, karena kulit banyak mengandung lemak. Pilih dada ayam karena bagian dada ayam memiliki kadar lemak lebih rendah dari bagian lainnya. 
  5. Untuk mengurangi penggunaan minyak goreng, gunakan wajan anti lengket saat menumis, kemudian beri cooking oil spray atau beri sedikit minyak goreng. Bila masakan terasa kering, tambahkan sedikit air/ kaldu untuk membantu proses penguapan. 
  6. Masukkan sup atau masakan berkaldu lainnya ke dalam lemari es selama 1-2 jam, buang lemak beku yang mengapung di permukaan, kemudian panaskan kembali masakan tadi sebelum dihidangkan. 
  7. Gunakan susu rendah lemak/ tanpa lemak untuk olahan yang memerlukan susu. 
  8. Gunakan mayonaise atau yoghurt rendah/ tanpa lemak untuk olahan salad, atau cukup gunakan sedikit cuka atau perasan jeruk lemon. 
  9. Untuk olahan yang memerlukan santan, gunakan santan encer atau dicoba untuk mengganti santan dengan susu kedelai. Santan merupakan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar trigliserida. 
  10. Untuk membuat saus puding, dapat menggunakan custard powder. 
  11. Untuk sajian roti, oleskan margarine tipis-tipis saja dan gunakan margarine tak jenuh. 

Demikianlah beberapa tips cara memasak makanan rendah lemak dan rendah kolesterol. 

Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sketsa Dini Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger